Nasional

Sempat Ditolak, Mila Machmudah Tetap Laporkan Pasangna Lesty dan Billar

Pasangan Lesty Billar.

GILANGNEWS.COM - Mila Machmudah maju tak gentar untuk melaporkan pasangan suami-istri Rizky Billar dan Lesti Kejora ke Polda Metro Jaya meski sempat ditolak Polda Jatim. Kepastian hukum di mata publik menjadi dalih pelaporannya.

"Pada dasarnya gini... klien kami ingin adanya kepastian hukum di mata publik. Beliau beranggapan ini mencampurkan hukum syariat dan hukum negara," kata pengacara pelapor Mila Machmudah, Edi Prastio, kepada wartawan, Minggu (3/10/2021).

Edi berbicara soal edukasi terhadap masyarakat. Dia berharap laporannya bisa menjadi pelajaran bagi publik figur yang lain untuk tidak mengikuti tindakan Rizky Billar dan Lesti Kejora.

"Tujuan dari klien kami yaitu sebagai bentuk edukasi ke masyarakat. Bahwa jangan campuradukkan syariat agama dengan hukum negara. Kalau mau gunakan hukum syariat cukup pernikahan ini diisbatkan lalu dicatatkan ke KUA," terang Edi.

Buka Ruang Mediasi

Dia pun menegaskan kliennya tidak ada memiliki niatan untuk memenjarakan Lesti Kejora dan Rizky Billar. Edi menyatakan pihaknya pun masih membuka ruang mediasi kepada pihak yang bakal dilaporkannya tersebut.

Menurutnya, jika kedua pasangan itu melakukan permintaan maaf di publik, pihaknya pun bakal mempertimbangkan untuk mengurungkan melanjutkan kasus ini di polisi.

"Kalau kami bentuknya edukasi. Kami tidak ada kontak dengan mereka (Rizky Billar dan LestiKejora). Setelah itu, kan ada namanya restorative justice. Kita kan tujuannya bukan untuk memenjarakan Lesti-Billar, cuman biar ada kepastian hukum jangan sampai ditiru oleh publik figur lain ya," katanya.

"Kalau ada upaya mediasi lebih dahulu tidak akan kamu laporkan. Kami berharap Lesti dan Billar ini tidak minta pendapat ulama yang berdiri sendiri bergeraknya. Lebih baik datangi MUI dan PBNU. Harapannya datang ke MUI, kalau sudah ada keterangan dari MUI dan dia minta maaf ke publik udah selesai hal ini nggak akan berlanjut ke kepolisian," tambah Edi.

Rencana Lapor Pekan Ini

Lebih lanjut terkait rencana laporannya ke Polda Metro Jaya kepada Rizky Billar dan Lesti Kejora, Edi menyebut pekan ini pihaknya akan segera membuat laporan. Saat ini sejumlah bukti masih disiapkan terkait rencana laporan tersebut.

"Ya kami harus dapatkan bukti surat keterangan mereka ajukan ke KUA. Kita juga minta salinan ke KUA sebagai alat bukti. Tidak hanya pernyataan kepala KUA aja," kata Edi.

Sejumlah bukti telah dikantongi pihak pelapor terkait kasus tersebut. Bukti itu dari pengakuan Rizky Billar dan Lesti Kejora sudah melakukan nikah siri hingga keterangan Kepala KUA Kebayoran Lama.

"Bukti terkait keterangan link YouTube pengakuan dari Rizky Billar dan Lesti sudah nikah siri. Kedua terkait pengakuan dari KUA Kebayoran Lama bahwa Leslar (Lesti-Billar) tidak cantumkan pernikahan siri. Ketiva terkait pandangan nikah siri dan isbat oleh PBNU Yogyakarta dan beberapa pernyataan ulama kaya Buya Yahya ya. Kita jadikan sebagai alat pendukung," terang Edi.

Laporan tersebut awalnya direncanakan di Polda Jatim. Namun, mengingat tempat peristiwa kejadian itu berada di Jakarta, pelapor bakal melaporkan kasus tersebut ke Polda Metro Jaya.

Rizky Billar Buka Suara

Rizky Billar menegaskan dirinya sama sekali tidak pernah merugikan orang lain. Dia dan Lesti Kejora mengatakan tidak ingin terlalu fokus dengan apa yang dipusingkan banyak orang.

"Jangan remehin istri saya, dia jauh lebih kuat dari apa yang kalian pikirkan. Dan ketimbang mikirin omongan orang di luar sana, dia lebih cerdas karena saat ini dia lebih memilih fokus mikirin keluarga terutama buah hati kami," buka Rizky Billar dalam Instagram Stories miliknya.

"Karena prinsip kami biarlah orang berkata apa, yang penting Tuhan yang lebih mengetahui atas apa yang sudah kami perbuat," sambungnya lagi.

Tak hanya itu, Rizky Billar juga mengatakan jika Tuhan adalah sebaik-baiknya hakim. Meski dihujat dan dihina saat ini, keduanya mengaku tidak mempedulikan hal itu.

"Dan Tuhanlah sebaik-baiknya hakim, hujatan, cacian, fitnah? Meh..i dont give a f****! Masih banyak mimpi-mimpi ayang berusaha kami rajut dan wujudkan ketimbang harus memikirkan akan hal itu. Toh Tuhan nggak tidur," sambungnya lagi.

"Semakin kami direndahkan, semakin dinaikkan derajat dan ditambah pula keberkahan dalam hidup kami," jelasnya.

Rizky Billar juga menegaskan tidak pernah merugikan orang lain.

"Dan yang terpenting sampai detik ini kami tidak pernah merugikan orang lain. Peace, salam dari si utun kami," kata Rizky.


Tulis Komentar