Pekanbaru

Akhir Pekan, Riau Dikepung 65 Titik Panas

Ilustrasi.

GILANGNEWS.COM - Meski cuaca Riau hari ini didominasi hujan, namun Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat adanya peningkatan titik panas atau hotspot di Provinsi Riau, Sabtu (16/10/2021).

Forecaster On Duty BMKG stasiun Pekanbaru Yudhistira Mawaddah mengatakan untuk hari ini ada 65 titik panas terpantau di Riau.

"Jumlah ini naik signifikan dibandingkan dengan hari sebelumnya," ujar Yudhistira, Sabtu (16/10/2021).

Ia merincikan 65 titik panas tersebar di 11 wilayah dengan sebaran terbanyak itu berada di Kabupaten Rokan Hilir sebanyak 19 titik.

Selanjutnya adalah Pelalawan sebanyak 13 titik, Siak sebanyak 10 titik, Kampar 7 titik, Kuantan Singingi sebanyak 5 titik.

"Rokan Hulu sebanyak 4 titik, Dumai dan Indragiri Hilir masing-masing 2 titik. Selanjutnya adalah Bengkalis, Kepulauan Meranti dan Indragiri Hulu masing-masing 1 titik," cakapnya.

Dikatakan Yudhistira, dari jumlah tersebut, 5 titik diantaranya adalah titik api. Hal ini bisa diartikan di wilayah tersebut dipastikan ada aktivitas kebakaran hutan dan lahan.

"Kelima titik tersebut berada di 5 wilayah. Yakni 1 titik di Kabupaten Kampar tepatnya di Kecamatan Koto Kampar Hulu. Kemudian di Kabupaten Pelalawan 1 titik tepatnya di Kecamatan Pangkalan Kuras, Kabupaten Rokan Hilir sebanyak 3 titik yakni 1 titik di Kecamatan Sinaboi dan 2 titik di Kecamatan Tanah Putih. Dan 1 titik di Kabupaten Rokan Hulu tepatnya di Kecamatan Kepenuhan Hulu," ucapnya.

Sementara untuk selebihnya yakni 59 titik berada di level rendah dan sedang.

"BMKG terus mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan aktivitas yang memicu terjadinya kebakaran hutan dan lahan," sebutnya.

Suhu Udara Riau hari ini berada di angka 24.0 – 35.0 °C dengan kelembapan udara 45 – 97 %. Sementara arah angin berhembus Selatan – Barat dengan kecepatan 05 – 30 km/jam.

Prakiraan tinggi gelombang di perairan Provinsi Riau berkisar antara 0.50 – 1.25 m (Rendah).


Tulis Komentar