Nasional

Buntut Hina Habib Rizieq Shihab, McDanny Dilaporkan ke Polrestabes Bandung

Penghina HRS.

GILANGNEWS.COM - Buntut dari ucapannya menghina Habib Rizieq Shihab yang viral di media sosial, McDanny dilaporkan ke polisi. Komika tersebut dilaporkan lantaran ucapannya dianggap mengandung unsur kebencian.
McDanny dilaporkan ke Mapolrestabes Bandung, Selasa (19/10) kemarin. Laporan tersebut tertuang dengan nomor laporan STPB/335/X/2021/JBR/Polrestabes.

Pelapornya merupakan seseorang di Bandung. Perwakilan pihak pelapor, Sonny Chaniago, mengatakan alasan pelaporannya itu dilakukan agar tidak ada konflik di masyarakat. Sebab, ucapan McDanny bisa menimbulkan kegaduhan.

"Jangan sampai video ini menimbulkan konflik," ujar Sonny kepada wartawan, Rabu (20/10/2021).

Dikonfirmasi terpisah, Kasat Reskrim Polrestabes Bandung AKBP Rudi Trihandoyo membenarkan adanya laporan tersebut. Pihaknya akan menindaklanjuti laporan yang masuk.

"Ada laporan, kita terima, pasti kira tindaklanjuti," kata Rudi.

McDanny mendapatkan sorotan hebat setelah sebuah video viral di dunia maya. Lokasi video itu di Kota Bandung. Dalam video itu dia terdengar menyebut nama Habib Rizieq Shihab.

Awalnya, McDanny yang berada di depan keramaian melontarkan candaan. Dia juga menyindir soal wanita berhijab yang datang ke lokasi itu.

"Minum bir di Root's mah halal. Lebih halal dari sabu," ujarnya diselingi bebunyian musik elektronik.

"Dan thank you banget buat cewek-cewek yang berkerudung tapi lo asyik banget, kita ketemu di neraka," katanya lagi.

Setelah itu, dirinya pun melontarkan hinaan untuk Habib Rizieq. McDanny kemudian terlihat berjoget sambil mengangkat tangannya.

Tidak lama setelah itu, McDanny menyadari jika hal itu mungkin melanggar hukum. "Kalau ada polisi gue kena nih," ujarnya lagi sebelum mengganti topik candaannya.

McDanny sudah meminta maaf atas ucapannya itu. Video permintaan maaf McDanny diunggah si komika di akun Instagram-nya sebagaimana dilihat pada Selasa (19/10). McDanny beristigfar, mengucap syahadat, istigfar lagi, lalu menyampaikan permohonan maafnya.

"Saya McDanny ingin mengucapkan maaf sebesar-besarnya kepada umat muslim, seluruh umat muslim, kepada ormas-ormas Islam terutama kepada para ulama, para habaib, dan keluarga besar Habib Rizieq karena atas apa yang saya katakan, saya ucapkan, tidak pantas untuk saya katakan," tutur McDanny.


Tulis Komentar