Nasional

Jaksa Tanya Saksi: Apa Kata-kata Munarman yang Bangkitkan Ikut Jihad?

Munarman.

GILANGNEWS.COM - Jaksa penuntut umum (JPU) mempertanyakan isi ceramah Munarman pada 24-25 Januari 2015 di Makassar. JPU menanyakan saksi terkait kalimat apa yang membuat peserta tergerak untuk jihad setelah mengikuti ceramah Munarman.

Hal ini ditanyakan jaksa kepada saksi B di persidangan yang digelar tertutup di Pengadilan Negeri Jakarta Timur (PN Jaktim), Jalan Sumarno, Jakarta Timur, Rabu (26/1/2022). Saksi B dihadirkan jaksa penuntut umum (JPU) dalam sidang terdakwa kasus terorisme, Munarman.

Saksi B sendiri diketahui ikut sebagai peserta dalam acara baiat pada tanggal 24 Januari. Dan menjadi panitia pada 25 Januari.

Awalnya jaksa menanyakan adanya peserta seminar Rullie Rian Zeke dan Ulfah Handayani yang melakukan bom bunuh diri di Filipina. Saksi mengatakan kedua orang tersebut sebelumnya mengikuti seminar.

"Ulfah dan Rullie, yang berangkat ke Suriah ikut kajian sebelum 24?" Kata jaksa.

"Seingat saya setelah 2 acara tersebut," jawab B.

"Jadi itu kan ada kajian gabungan FPI dan Ponpes, pesertanya berapa orang?" tanya jaksa.

"Sekitar 60 sampai 70 orang," jawab B.

"Bisa saudara pastikan apakah Ulfah Rullie ada pada kajian tersebut?" tanya jaksa.

"Iya, Bu," jawab B.

"Jadi pertemuan 24 dan 25 ini pertemuan kedua yang saudara lihat?" ujar jaksa.

"Iya, Bu," tuturnya.

Jaksa lantas menanyakan kehadiran Munarman dalam acara tersebut. Saksi mengatakan Munarman sengaja hadir dan diundang oleh pihak panitia.

Jaksa pun lanjut mempertanyakan, apakah kehadiran Munarman membuat banyak peserta tergerak hatinya untuk jihad. Saksi B pun membenarkan hal tersebut.

"Setelah kehadiran terdakwa ada beberapa anggota yang tergerak hatinya untuk jihad dan sebagainya?" ujar Jaksa.

"Iya," jawabnya.

Saksi lantas menjelaskan isi ceramah Munarman yang dinilai membangkitkan semangat peserta untuk bergabung ISIS dan berhijrah. Salah satunya yaitu penjelasan terkait visi misi FPI yang berisi dakwah, hisbah, dan khilafah.

"Apa sih yang saksi rasakan dari ceramah terdakwa, ada nggak kata-kata yang menurut saksi bisa membangkitkan mereka untuk ikut gabung atau hijrah?" kata Jaksa.


Tulis Komentar