Nasional

Usai Tembak Pekerja BTS, KST Serang Pos Koramil di Beoga Papua, 1 Anggota TNI Terluka

Kolonel Inf Aqsha Erlangga.

GILANGNEWS.COM - Kapendam XVII/Cenderawasih, Kolonel Inf Aqsha Erlangga mengungkapkan, tak hanya menembaki 8 orang karyawan PT Palapa Timur Telematika (PTT) hingga meninggal dunia. Kelompok Separatis Teroris (KST) juga menyerang anggota Kopasgat yang sedang berada di Pos Jaga Runway 25 Satgas Lanud Kopasgat Paskhas Yonko 469/Pancawara di ujung Bandara Aminggaru Ilaga, Kamis (3/03).

"Kejadiannya sekitar jam 12.20 Wit, tembakan ke arah pos jaga Kopasgat sebanyak 4 kali. Sementara laporan dari Kopasgat Lanud saat ini masih siaga satu dan tidak ada laporan korban jiwa," kata kapendam.

Usai menyerang Pos Kopasgat dj bandara, KST kembali menyerang personel TNI yang sedang bertugas di Pos Koramil Dambet Satgas Kodim Yonif R 408/SBH di Kampung Dambet, Distrik Beoga.

Akibat penyerangan itu, satu orang prajurit yaitu Pratu Herianto mengalami luka tembakan di bagian leher bawah telinga.

"Saat ini kondisi dia (Prati Herianto) masih dalam keadaan sadar dan stabil. Dia sudah dievakuasi ke Puskesmas Beoga untuk mendapat tindakan medis dan rencananya juga akan dievakuasi ke Timika besok (Jumat) menggunakan pesawat guna mendapatkan penanganan lebih lanjut," ungkap kapendam.

Kapendam menjelaskan, jarak antara Kampung Dambet ke lokasi kejadian penembakan karyawan PT PTT di Kampung Kago sekitar 15 km.

"Ya, penyerangan KST itu sekitar jam 12.45 Wit," bebernya.

Kapendam menjelaskan kronologi penyerangan barwal saat 12 personel Pos Koramil Dambet Satgas Kodim Yonif R 408/SBH sedang melaksanakan patroli sekaligus memperbaiki saluran air yang jaraknya dari pos sekitar 50 meter.

Lanjutnya, saat prajurit tengah memperbaiki saluran air, tetiba KST menyerang dan menembaki anggota yang sedang berpatroli.

"Dari laporan satgas ada sekitar 15 orang KST, dan ada yang membawa senjata laras panjang sebanyak 3 pucuk," paparnya.

Prajurit TNI Pos Koramil Dambet Satgas Kodim Yonif R 408/SBH pun berhasil memukul mundur KST menuju ke arah Kampung Ogamki, Distrik Beoga, Kabupaten Puncak.


Tulis Komentar