Nasional

Presiden Jokowi Renovasi Stadion Kanjuruhan, Telan Dana Rp 390 M

Foto: Suasana Stadion Kanjuruhan pascatragedi tahun 2022 (REUTERS/WILLY KURNIAWAN)

Jakarta - Pemerintah bergerak cepat untuk melakukan renovasi Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur, pascaperistiwa tragis tahun lalu. Berdasarkan data Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), renovasi stadion berkapasitas 21 ribu tempat duduk itu memakan biaya Rp 390 miliar dengan waktu pelaksanaan selama 28 bulan.

Berikut adalah lingkup penanganan renovasi Stadion Kanjuruhan:

a. Ring road pengaman luar
b. Perbaikan struktur sesuai dengan standar/peraturan
c. Perbaikan pintu, tangga, dan fasilitas penonton
d. Perbaikan fasilitas pemain dan fop
e. Kursi single seat
f. Atap tribun barat (eksisting)

Seperti diketahui, terdapat tujuh rekomendasi hasil audit Tim Evaluasi Teknis Keandalan Stadion Kanjuruhan di mana tiga rekomendasi di antaranya berhubungan dengan terjadinya kecelakaan di Stadion Kanjuruhan.

"Pertama mengenai tangga-tangga tribun, terutama untuk tribun ekonomi yang biasanya tidak ada tangga langsung ke tempat duduk penonton. Kedua, pintu stadion tidak ada jarak dengan anak tangga dan elevasi tangganya juga terlalu curam, dan ketiga tidak ada pintu darurat, yang ada hanya pintu service yang tidak bisa diakses oleh penonton di tribun," kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono seperti dikutip situs resmi Kementerian PUPR.

Basuki melanjutkan, untuk empat rekomendasi lainnya adalah terkait dengan penerangan, kamar kecil, perimeter atau batas antara bangunan utama stadion dengan area parkir serta pagar pembatas. Hasil rekomendasi Tim Evaluasi Teknis Keandalan Stadion Kanjuruhan sudah dilaporkan kepada Presiden Joko Widodo.
 


Tulis Komentar