Ekonomi

Luhut Yakin Pembatasan Impor Tak Rusak Hubungan China-RI

Luhut Panjaitan memastikan pembatasan impor tak pengaruhi hubungan Indonesia-China.
Loading...

GILANGNEWS.COM - Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan yakin hubungan antara Indonesia dan China akan baik-baik saja pasca pemerintah mengeluarkan kebijakan pembatasan impor dan penerbangan ke Negeri Tirai Bambu.

"Tidak (ganggu hubungan) juga. Tapi kan semua sudah saya telpon (Pihak China)," kata Luhut di Kantor Kementerian Kordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Jakarta, Kamis (6/2).

Sebagai informasi pemerintah memutuskan untuk membatasi impor dari China. Mereka juga memutuskan untuk membatasi penerbangan dari Indonesia dan China.

Pembatasan tersebut dilakukan untuk menghindari penyebaran wabah Virus Corona di Indonesia. Kebijakan tersebut ditanggapi dingin oleh China.

Loading...

Duta Besar China untuk Indonesia Xiao Qian mengatakan kebijakan pemerintah Indonesia  tersebut terlalu berlebihan. Kebijakan itu dinilai akan berdampak negatif pada perdagangan, investasi, dan juga pergerakan orang.

Selain itu, Xiao mengatakan hingga saat ini, belum ada bukti Virus Corona dapat ditularkan melalui barang-barang impor.

"Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sudah menyatakan bahwa mereka tidak setuju terhadap tindakan pembatasan perdagangan ke arah China," kata Xiao.

Meskipun demikian, Luhut mengatakan pembatasan impor dan penerbangan ke China tersebut sudah sesuai arahan dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

"Kami juga sudah bilang evaluasi setiap dua hari. Indonesia juga kan tidak boleh lari dari WHO, Indonesia ikut dengan WHO," jelasnya.


Loading...

[Ikuti GilangNews.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar