• Follow Us On : 

Harga Beberapa Sembako Masih Stabil, Diperkirakan akan Naik


Dibaca: 688 kali 
Kamis,22 Desember 2016 - 11:33:04 WIB
Harga Beberapa Sembako Masih Stabil, Diperkirakan akan Naik Ilustrasi

GILANGNEWS.COM -  Menjelang Tahun Baru 2017, harga beberapa barang keperluan harian masih stabil. Namun diperkirakan harga akan merangkak naik sepekan jelang pergantian tahun nanti.

Di sejumlah pasar tradisional di Kota Pekanbaru, Rabu (21/12), harga daging sapi segar masih berkisar Rp110 ribu sampai Rp120 ribu per kilogram. Menurut beberapa pedagang, harganya akan naik berkisar Rp125 ribu sampai Rp130 ribu per kilogram.

Sedangkan harga cabai merah yang sempat menembus Rp100 ribu per kilogram, kemarin masih di harga normal yaitu Rp60 ribu per kilogram.

Eva (38) pedagang di Pasar Pagi Arengka menyebutkan, harga cabai yang dijualnya hari itu paling murah sejak November lalu. Pada pertengahan bulan ini, dirinya mendapat harga cukup murah dari penyuplai cabai merah asal Sumatera Barat.

’’Dulu saya sempat jual sampai Rp100 ribu per kilogram, sekarang cabai turun jadi Rp55 ribu. Begitu juga bawang merah yang sekarang cuma Rp21 ribu,’’ ujar Eva dilansir riaupos.co.

Dirinya menyebutkan, hingga pekan ketiga Desember ini sangat mudah mendapatkan pasokan cabai merah, hingga dirinya bisa menjual dengan harga yang murah.

Sementara pedagang lain, Wincuk (43), dari pasar yang sama malah bisa menjual lebih murah dari yang ditawarkan Eva. Wincuk menjual cabai merah dagangannya pada pembeli pada pagi hari itu dengan harga dibawah Rp50 ribu.

’’Sekitar dua hari lalu memang masih Rp70 ribu, tapi sekarang normal lagi, Rp48 ribu se-kilo. Saya ambil cabai merah dan bawang pasokannya yang berasal dari Medan,’’ terangnya.

Beda asal produksi beda harganya, demikianlah kondisi harga cabai merah saat ini, tapi saat ini lebih murah. Seperti disebut Wincuk, dirinya bisa menjual cabai merah semurah itu karena asalnya dari Medan. Dirinya tidak mengambil pasokan dari Sumatera Barat, terutama dari Jawa. Karena menurutnya cabai merah asal Jawa justru lebih mahal.

Kendati cabai merah asal Jawa lebih mahal, namun menurut pedagang selalu ada saja peminatnya. Hal ini yang dilakukan Ferdi (27). Pedagang pasar Panam ini menjual cabai merah asal Rp60 ribu per kilogram. Diantara pedagang cabai merah di Panam, terselip satu pedagang yang mengaku menjual cabai merah asal Pekanbaru. Pria ini adalah Rudi (45).

’’Sebagian dari Pekanbaru dan sebagiannya lagi juga ada dari Sumbar. Sehingga untuk harga hari ini memang lebih murah, yakni Rp56 ribu sekilo. Hari ini (kemarin, red), memang murah. Tapi kemungkinan untuk akhir tahun harga cabai bakal naik lagi, tergantung banyak pembeli dan pasokan. Lihat saja nanti,’’ sebut Rudi.

Harga Daging Diperkirakan Naik

Sementara itu, di Pasar Pusat, harga daging sapi segar berada di angka Rp110 ribu hingga Rp120 ribu. Begitu pula di Pasar Kodim dan Pasar Sail.

Salah seorang pedagang daging sapi segar, Rizal mengaku memang di waktu-waktu tertentu seperti akhir tahun, kenaikan harga kerap terjadi. “Sekarang harga sudah perlahan mulai naik. Kemungkinan nanti, semakin dekat di momen pergantian tahun, harga bisa semakin tinggi. Pasalnya permintaan juga tinggi dari masyarakat,” ujarnya.

Ia memperkirakan untuk kenaikan harga daging segar nantinya bisa mencapai kisaran Rp125 ribu bingga Rp130 ribu per kilogram.

Sementara itu, Purwaningsih berharap kenaikan harga yang terjadi tidak terlalu tinggi. Sehingga masih terjangkau oleh mereka. “Kalau bisa tidak perlu ada kenaikan. Kalau pun naik, ya tidak sampai drastis dan memberatkan lah,” harap warga Kecamatan Limapuluh ini.***

Editor: Yusuf Mario
 

Editor :
Sumber :
Akses gilangnews.com Via Mobile m.gilangnews.com

BERITA TERPOPULER Index »

ALAMAT KANTOR PUSAT:
Jalan Samarinda (Kapling I) No.8 Pekanbaru
TELP / HP : 0812 7065 1990
Email: [email protected] / [email protected]
AVAILABLE ON :