Opini

Deteksi Kanker Sejak Dini dengan Uji Sampel Darah

Ilustrasi

GILANGNEWS.COM - Mendeteksi kanker cukup menyulitkan, karena memerlukan proses yang panjang. Namun, ada beberapa jenis kanker yang dapat segera diketahui, dengan hanya melakukan uji sampel darah.

Pemeriksaan laboratorium merupakan salah satu prosedur yang dilakukan dengan mengambil sampel darah, urin, dan cairan tubuh lainnyaa untuk diperiksa demi mendapat informasi terkait kesehatan tubuh. Dan ternyata dengan uji sampel darah tersebut, beberapa jenis kanker bisa dengan mudah dideteksi.

"Pemeriksaan lab bisa melalui cairan tubuh apa saja. Keuntungannya, bisa menemukan masalah penyakit secara spesifik, termasuk kanker," ujar spesialis Patologi Klinik, dr. Demak Tobing sebagaimana dilansir viva.co.id, di kawasan Menteng, Jakarta, Sabtu 11 Februari 2017.

Pada prinsipnya, pemeriksaan laboratorium hanya menyingkirkan kemungkinan masalah-masalah kesehatan serta memperincinya agar mudah didiagnosis. Dalam kasus kanker, ada beberapa jenis yang memang mudah ditemukan dalam darah, seperti kanker hati, payudara, dan serviks.

"Karena ada beberapa jenis kanker, yang ketika senyawa itu ditemukan di darah bisa dipastikan hanya berasal dari organ tertentu. Misal, ditemukan AFP (Alpha-Fetoprotein) pada darah dan itu memang spesifik pada hati, memungkinkan dia memiliki Ca (kanker) hati," lanjutnya.

Meski demikian, tidak semua jenis kanker memiliki ciri khas di darahnya. Dengan demikian, beberapa jenis kanker lainnya tetap membutuhkan proses pemeriksaan lebih lanjut.

"Pemeriksaan lain seperti imaging tetap dibutuhkan, karena tidak semua kanker bisa langsung segera dideteksi dengan tes darah," kata dia.***


[Ikuti GilangNews.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar