Ekonomi

Rasionalisasi Anggaran Pemprov Riau Capai Rp 1 Triliun

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Riau, Ahmad Hijazi

Gilangnews.com - Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Riau, Ahmad Hijazi memastikan akan merasionalisasi anggaran diseluruh Dinas dan Badan dilingkungan Pemprov Riau.
 
Tidak tanggung-tanggung rasionalisasi anggaran yang direncanakan mencapai Rp1 Triliun. Beberapa poin penting kegiatan yang dirasionalisasikan diantaranya, perjalanan dinas, dan honor kegiatan.
 
"Kita ingin mengefisiensikan seluruh kegiatan yang ada di seluruh satker. Selama ini Silpa (Sisa Lebih Penggunaan Anggaran) kita selalu over estimate, untuk itu perlu menghemat belanja seperti perjalanan dinas, honor kegiatan, mengurangi kegiatan di hotel dan sebagainya, yang dianggap tidak perlu," ujar Sekdaprov Riau dilansir riausky, Ahmad Hijazi.
 
Dijelaskan Sekda, selama ini Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Riau, terdiri dari 40 persen Silpa dan 60 persen pandapatan. Dan mulai saat ini hal tersebut tidak bisa lagi mengandalkan Silpa karena semakin kecil mayarakat ingin serapan tinggi.
 
"Kalau dulu Silpa menjadi sumber menunjang belanja tahun berikutnya. Tapi sekarang serapan kita sudah bagus, efektifitas kerja semakin berjalan, tinggal efisiensi program betul-betul punya daya ungkit. Kalau tidak berhubungan kinerja utama bisa di efisiensikan," tegas Sekda.***


[Ikuti GilangNews.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar