Nasional

Charta Politika: 62,4% Responden Nilai Polri Tak Transparan Ungkap Kasus Ferdy Sambo

Ferdy Sambo Dipeluk Erat Istri Saat Rekonstruksi.

GILANGNEWS.COM - Charta Politika Indonesia merilis hasil survei 'Kondisi Sosial Politik dan Peta Elektoral Pasca Kenaikan Harga BBM'. Salah satu poinnya berkaitan dengan isu transparansi polisi mengungkap kasus penembakan Brigadir J yang diotaki oleh eks Kadiv Propam Polri Ferdy Sambo.

Dalam survei, sekitar 91,4 persen responden mengaku mengetahui kasus penembakan Brigadir J tersebut. Sementara itu, sekitar 8,6 persen mengaku tidak mengetahui kasus pembunuhan berencana tersebut.

Pertanyaan lanjutannya, 'Apakah menurut bapak/ibu/saudara pengungkapan kasus polisi tembak polisi oleh Kepolisian berjalan transparan atau tidak transparan?'

Hasilnya, 62,4 persen responden menyatakan pengungkapan kasus penembakan Brigadir J oleh Polri tidak transparan. Sedangkan, 32,4 persen percaya Polri transparan dalam mengungkap kasus pembunuhan tersebut dan 5,2 persen responden tak menjawab pertanyaan tersebut.

Charta Politika melakukan survei tersebut pada tanggal 6 hingga 13 September 2022 di seluruh kelurahan atau desa. Metode wawancara dilakukan dengan tatap muka dan metode sampling dengan jumlah sampel 1.229 dengan margin of eror 2,82 persen.

Responden yang dilakukan survei minimal berusia 17 tahun atau sudah memenuhi syarat pemilihan.


Tulis Komentar