Pekanbaru

Kejati Kawal 116 Kegiatan Pembangunan di Riau

GILANGNEWS.COM - Kejaksaan Tinggi (Kejati) Riau mengawal 116 kegiatan pembangunan di Bumi Lancang Kuning selama Januari hingga Juli 2018. Total nilai kegiatan yang dipercayakan Pemerintah Provinsi Riau itu senilai Rp2,3 triliun lebih.

"Sampai bulan Juli kita mengawal 116 kegiatan dengan pagu anggaran Rp2.318.544.354.828," ujar Asisten Intelijen Kejati Riau, SP Simaremare, di Pekanbaru, Selasa (24/7/2018).

Menurutnya dalam pendampingan ini, Tim Pengawal, Pengamanan, Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D) membuat program. Kegiatan itu dievaluasi secara rutin.

"Kegiatan dievaluasi setiap hari. Minimal dua kegiatan yang dikawal dievaluasi setiap harinya," tambah Simaremare.

Sementara itu, TP4D Kejaksaan Negeri (Kejari) Pekanbaru mengawal 57 kegiatan di Pemerintah  Kota Pekanbaru. Adapun pagu anggarannya senilai Rp246.719.529.391.

Jumlah pendamping ini meningkat dibanding tahun 2017 lalu. Saat itu, Kejari Pekanbaru hanya mengawal 35 kegiatan Pemerintah Kota Pekanbaru dengan pagu anggaran Rp228.510.168.104. "Terjadi peningkatan 22 kegiatan dari tahun lalu," ujar Kepala Kejari Pekanbaru, Suripto Irianto.

Suripto mengatakan, pendampingan bertujuan untuk mencegah terjadinya penyimpangan dalam pelaksanaan kegiatan pemerintahan.  "Ini merupakan upaya pencegahan yang kita lakukan terhadap kemungkinan penyimpangan yang dilakukan dalam proses pembangunan," kata Suripto.

Adapun 57 kegiatan itu, kata Suripto, merupakan kegiatan yang dikerjakan oleh sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Pekanbaru. "Seperti Dinas Pendidikan, Dinas PUPR (Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang), Dinas Perhubungan, serta Kantor Pelayanan Bea dan Cukai Pekanbaru," tutur Suripto.

Peningkatan pendampingan kegiatan ini, merupakan bentuk kepercayaan yang diberikan Pemko Pekanbaru kepada Kejari Pekanbaru untuk mendampingi proses pembangunan yang notabene menggunakan uang masyarakat.

"Kita bersyukur pihak Pemko (Pekanbaru) telah mempercayakan kepada kita untuk melakukan pengawalan dan pengamanan pembangunan yang ada di Kota Pekanbaru," ucap Suripto.

Suripto berharap, ke depan makin banyak lagi kegiatan pembangunan yang mendapat pendampingan dari Kejari Pekanbaru. Ini akan terus kita sosialisasikan kepada Pemko melalui OPD-nya," pungkasnya.


Tulis Komentar