Nasional

5 Fakta Tujuan Kunjungan Raja Salman dan Kemegahan Yang Menyertainya

Raja Arab Saudi, Salman Bin Abdulaziz Al-Saud

3. Toilet khusus bak hotel di Masjid Istiqlal

Gilangnews.com - Ada beberapa permintaan dari Raja Salman kepada Istiqlal menjelang kedatangannya, khususnya mengenai toilet. Raja Salman menghendaki toilet dengan spesifikasi sama seperti yang dia gunakan di Arab.

"Kami tidak membuat kamar mandi baru dan tempat wudhu untuk Raja Salman. Hanya saja, beliau minta toilet dengan ukuran dan ketentuan khusus, yaitu yang lebih tinggi. Umumnya kan ukuran tinggi toilet di Indonesia 39 sampai 40 sentimeter. Dia minta dimodifikasi jadi 53 sentimeter," kata Kepala Bagian Protokol Masjid Istiqlal, Abu Hurairah Abdul Salam.

Abu menuturkan, saat ini pengerjaan toilet sedang dilakukan dan rencananya akan selesai besok. Namun, akses ke toilet ditutup dengan alasan keamanan.

"Sehari pengerjaannya, besok Insyaallah sudah beres. Cuma minta ditinggikan, nanti kita ganjel pakai kayu di bawah kloset. Klosetnya yang duduk biasa. Tapi toiletnya tidak boleh didatangi orang lain selain yang merenovasi, karena urusan keamanan, ya," ungkap Abu.

"Toiletnya tidak dibuat khusus masih biasa, menyerupai toilet Hotel Raffles. Kemarin kami ke sana untuk melihat dan hari ini kami memodifikasinya seperti itu," tambahnya.

Selain itu, kata Abu, berdasarkan permintaan dari tim kedokteran Raja Salman, diminta pegangan khusus di sisi kloset agar bisa menopang tubuh Raja Salman.



Tulis Komentar