Pekanbaru

Stop, Izinkan Ruko Jadi Hotel

Wakil Ketua DPRD Kota Pekanbaru Jhon Romi Sinaga.
Loading...

GILANGNEWS.COM - Wakil Ketua DPRD Kota Pekanbaru Jhon Romi Sinaga menegaskan, dirinya sangat mendukung pesatnya pembangunan yang terjadi di Pekanbaru saat ini. Ini membuktikan bahwa Pekanbaru benar-benar sudah mulai menjadi tujuan investasi bagi pemodal besar.

Terutama untuk pembangunan mal, penginapan atau hotel dan perkantoran. Namun untuk perhotelan, politisi PDI Perjuangan ini minta supaya pemko melalui dinas terkait untuk bisa lebih selektif dalam pemberian izin penginapan kelas melati.

Dikatakan Romi, seperti pembangunan ruko menjadi hotel. Ini disebutkannya, tidak lagi perlu diberikan izinnya untuk Pekanbaru, karena dinilainya hotel kelas melati ini, hanya akan menjadi citra Pekanbaru menjadi tidak baik. "Pemko harus selektif, hotel yang harus diperbanyak itu minimal hotel bintang tiga. Bukan hotel-hotel melati yang dibangun dari ruko," tegas Romi.

Dimintanya, pembangunan penginapan itu harus disesuai dengan peningkatan bidang jasa dan perdagangan yang letak wilayahnya sangat strategis ini di Pekanbaru. "Harus tegas dalam memberikan izin, karena ada banyak ruko yang disulap menjadi hotel," paparnya. Disampaikannya lagi, Pekanbaru dengan visi misi kota smart city yang madani, di mana hotel-hotel kelas melati dari ruko ini, yang se­tiap razia banyak terciduk pasangan bukan muhrim tentu menegaskan statusnya. "Masyarakat saja tahu kalau setiap disebutkan hotel kelas melati itu tempat apa, imej ini harus dihilangkan. Tentunya dengan mendorongnya dari melati dijadikan hotel bintang tiga," paparnya.

Loading...

Karena kalau sudah tertib, PAD yang masuk ke pemko juga dapat diawasi, dan terakomodir jelas.  “Karena jika sudah berbintang, izin yang diberikan terhadap hotel itu semua akan terkontrol pajak, dan sumber PAD lainnya,” ungkapnya lagi.

Ditambahkan Romi, sebagai kota yang berkembang maju dan menjadi kota transit dari negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura, dan juga antarkota dan provinsi, harusnya pemerintah memahami hal ini dengan menyediakan fasilitas yang juga berkelas.

"Kita bukan menghalangi orang membangun hotel, tidak. Hanya saja Pemerintah Pekanbaru harus jeli dan tegas dalam memaksimalkan sumber PAD. Jadi tidak sekadar memberikan izin saja, tapi juga lihat peluang pemasukan PAD," jelasnya.


Loading...

[Ikuti GilangNews.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar