Nasional

Kalapas Sukamiskin yang Baru Punya Kekayaan Rp1,8 Miliar

Kalapas Sukamiskin Tejo Harwanto punya aset Rp1,8 miliar.

GILANGNEWS.COM - Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly resmi mengangkat Tejo Harwanto menjadi Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat. Tejo menggantikan Wahid Husein yang ditangkap dan ditetapkan tersangka suap oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Sebelumnya Tejo adalah Kalapas Kelas I Tanjung Gusta, Medan, Sumatera Utara. Ia juga pernah menjadi Kalapas Kelas IIA Jember, Jawa Timur.

Melihat Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) di laman https://acch.kpk.go.id/aplikasi-lhkpn/, Kamis (26/7), ia tercatat memiliki total harta senilai Rp1,8 miliar.

Tejo tercatat memiliki harta tak bergerak berupa tiga bidang tanah dan bangunan yang berada di Jakarta Pusat dan Kabupaten Jember. Nilai ketiga aset itu sebesar Rp1,03 miliar.

Tejo juga memiliki beberapa kendaraan, di antaranya dua unit motor Honda Vario, satu unit motor Honda Supra, satu unit motor Yamaha V-ixion, dan satu unit mobil Toyota. Total nilai aset bergerak tersebut sebesar Rp168,7 juta.

Selain itu, Tejo yang melaporkan LHKPN pada 31 Desember 2016, juga tercatat memiliki peternakan senilai Rp90 juta, logam mulia senilai Rp102 juta, dan benda bergerak lainnya Rp35 juta.

Tak hanya itu, Tejo juga surat berharga senilai Rp3 juta serta giro dan setara kas senilai Rp529,2 juta. Ia pun tercatat memiliki utang berupa pinjaman uang dan barang sebesar Rp62,6 juta.

Tejo resmi dilantik bersama 12 pejabat di Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM lainnya siang tadi sekitar pukul 13.00 WIB. Pelantikan dilakukan langsung oleh Yasonna di Graha Pengayoman, Kementerian Hukum dan HAM.


Tulis Komentar