Nasional

Ini Alasan Natuna Dipilih Tempat Karantina WNI dari Hubei

Tempat WNI dari Wuhan selama diobservasi di Natuna.

GILANGNEWS.COM - Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menceritakan alasan mengapa pada akhirnya WNI yang dievakuasi diobservasi di Natuna.

Ia menceritakan sebenarnya para WNI tak bisa keluar semuanya sementara pemerintah melakukan negosiasi melalui menlu dan dirinya.

"Waktu itu begitu sempit begitu, kita harus menyiapkan tempatnya, bayangin 1x24 jam hampir ndak ada, kita harus menyiapkan segala sesuatu termasuk di mana mau tempatnya," kata Terawan di kompleks parlemen, Jakarta, Senin 3 Februari 2020.

Ia menjelaskan terdapat beberapa alternatif termasuk kompleks militer. Kompleks tersebut dianggap cocok karena disiplin dan memiliki bandara.

"Jadi semuanya ini berdasarkan semua kajian. Bayangin kalau di kapal, kita ndak manusiawi, kapalnya juga apalagi kalau kapalnya kapal perang, memang tak disiapkan untuk itu, itu ada anak-anak, ada ibu hamil. Jadi kita harus rasional lah, kita ingin semua dijaga," kata Terawan.

Ia mengatakan akan terus menjelaskan kepada warga Natuna bahwa apa yang dilakukan sesuai prosedur yang ada. "Ya pelan-pelanlah kita beritahu, kita kan tetap jaga kesehatan warga Natuna maupun warga Indonesia yang lain tanggung jawab pemerintah, tanggung jawab kita semua," kata Terawan.


Tulis Komentar