Nasional

4 November, Sejumlah Kantor di Jakarta Meliburkan Karyawan

Kota DKI Jakarta

GILANGNEWS.COM - Sejumlah kantor di Jakarta memutuskan untuk meliburkan pegawai mereka Jumat (4/11/206) besok. Ada pula kantor yang memberi opsi bagi karyawan untuk bekerja di rumah atau dari luar kantor.

Kebijakan meliburkan para pekerja itu terkait dengan rencana aksi unjuk rasa yang akan digelar sejumlah ormas besok.

Kantor-kantor itu tersebar antara lain di daerah Surdiman, Menteng, Kuningan, bahkan Palmerah.

"Yihaaa... besok libur" kata Dewi, staf di sebuah kedutaan asing di kawasan Menteng, Rabu (3/11/2016).

Pangesti (23), salah seorang karyawan swasta di kawasan Palmerah, juga mengatakan, kantornya memutuskan untuk menghindari kemungkinan terburuk dari aksi unjuk rasa besok. Namun, ia agak kecewa dengan instruksi libur itu. Soalnya, Sabtu lusa ia harus masuk kantor sebagai ganti hari libur untuk Jumat besok.

"Sebenarnya menurut saya demo ya silahkan demo aja. Toh juga kantor saya bukan termasuk jalur yang dilewati masa," kata Pangesti saat dihubungi Kompas.com.

Pangesti menilai pemberitaan soal demonstrasi besok terlalu berlebihan sehingga sebagian orang yang pernah mengalami masa pada 1998 menjadi takut.

Seorang karyawan lain, Edi (23), yang bekerja di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan,  mengatakan kantornya akan ditutup besok. Ia diminta untuk bekerja di rumah. Kebijakan itu dilakukan untuk menghindari situasi tak diinginkan terkait aksi unjuk rasa besok.

"Alasannya, meskipun demo besok damai, tapi untuk hindari hal tak diinginkan," kata Edi.

Kebijakan yang sama juga berlaku di kantor Diani di Jalan Jenderal Sudirman. "Kami boleh bekerja dari rumah besok," katanya kepada Kompas.com.

Sejumlah kantor lainnya akan beroperasi seperti biasa.

Mela (23), karyawan swasta di kawasan Jalan Jenderal Gatot Subroto, mengaku tak libur. Kantornya meminta dirinya untuk masuk. "Masuk kayak biasa," kata Mela.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Awi Setiyono, sebelumnya memaparkan massa pendemo pada 4 November besok akan memulai aksi setelah menunaikan shalat Jumat di Masjid Istiqlal, Jakarta. Selanjutnya, massa akan berjalan kaki melintasi kantor Bareskrim, Balai Kota Jakarta, Bundaran Patung Kuda, dan depan Istana Negara, Jakarta.

Awi menambahkan, setelah dari Istana Negara, rencananya massa kembali melakukan jalan kaki ke Gedung DPR/MPR RI di Senayan. Di sana, massa akan diterima oleh perwakilan dari anggota DPR/MPR RI.

Link: Kompas.com


[Ikuti GilangNews.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar