Nasional

Sampah Ratusan Ton per Hari, Kampar Hanya Miliki 1 TPA

Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah
Loading...

GILANGNEWS.COM - Wilayah Kampar yang begitu luas dengan 21 kecamatan dan 250 desa ternyata masih memiliki hanya satu Tempat Pembuangan Akhir (TPA). Padahal, produksi sampah mencapai ratusan ton per hari.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kampar, Cokroaminoto melalui Kepala Seksi Penanganan Sampah, Awang Saygita mengemukakan, produksi sampah yang masih terhitung sekitar 40 ton per hari. Jumlah ini hanya dari wilayah Bangkinang sekitarnya dan enam pasar.

Keenam pasar itu antara lain, Pasar Teratak Buluh, Pasar Danau Bingkuang, Pasar Kampar, Pasar Air Tiris, Pasar Bangkinang, Pasar Kuok dan Pasar Suka Ramai (Suram). "Ini yang masuk ke TPA per hari. Belum dari pemukiman masyarakat dan perumahan-perumahan. (Kalau ditotal) bisa sampai seratusan ton itu," katanya, Senin (6/2/2017).

Awang menuturkan, TPA terletak di Kilometer 10 Jalan Lintas Bangkinang-Petapahan, Desa Air Jernih Kecamatan Bangkinang. Luasnya 6 hektare.

Menurut Awang, ke depan akan ditambah satu TPA lagi di Desa Karya Indah Kecamatan Tapung. Ia menjelaskan, TPA berskala regional mencakup Kampar dan Pekanbaru. TPA regional diprakarsai oleh Pemerintah Provinsi Riau. Menurut dia, lokasi TPA masih dalam penjajakan dan sedang ditinjau kelayakannya.***


Sumber: Tribun


Loading...

[Ikuti GilangNews.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar