• Follow Us On : 

4 Sanksi yang Akan Diterima Ratusan Napi Kabur di Lapas Sialang Bungkuk


Dibaca: 1350 kali 
Sabtu,06 Mei 2017 - 14:28:19 WIB
4 Sanksi yang Akan Diterima Ratusan Napi Kabur di Lapas Sialang Bungkuk

PEKANBARU, GILANGNEWS.com - Sanksi bagi narapidana yang kabur dari Rutan Sialang Bungkuk Pekanbaru sudah menanti. Salah satunya terancam tak dapat remisi.

Sesuai dengan Pasal 47 ayat (2) Undang-Undang Nomor 12 Tahun 1995 tentang Pemasyarakatan, bagi narapidana yang melarikan diri akan diisolasi selama enam hari.

Pasal (4) mensyaratkan hukuman isolasi bisa diperpanjang 2x6 hari atau total 12 hari, bagi narapidana yang terbukti mengulangi pelanggaran disiplin dan berusaha kabur dari lapas atau rutan.

Selain itu, narapidana yang kabur sesuai Pasal 47 ayat (2) huruf b juga terancam penundaan atau meniadakan hak tertentu bagi narapidana untuk jangka waktu tertentu sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

"Itu dipastikan tidak diberikan hak-hak itu, termasuk remisi, asimilasi, pembebasan bersayarat atau cuti menjelang bebas," kata Kasubag Humas Ditjen Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM), Syarpani, Sabtu (6/5/2017).

Sebelumnya dilaporkan kaburnya ratusan narapidana Rutan Sialang Bungkuk dipicu tuntutan pencopotan kepala keamanan. Hal tersebut, sebagaimana laporan dari petugas di lapangan.

"Informasi awal penyebabnya masalah kepala keamanan. Kepala keamanan kita bermasalah. Itu tuntutan mereka, mereka menuntut kepala keamanannya diganti," kata Dirjen Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, I Wayan Kusmianta Dusak.

Dusak menjelaskan, mulanya ratusan tahanan membuat kerusuhan di dalam rutan. Ada sekitar 50 tahanan ketika dibukakan pintu kamar untuk melaksanakan Salat Jumat justru mendobrak pintu samping rutan tersebut.

Karena, jumlah petugas yang hanya enam orang, mereka tak bisa membendung desakan tahanan. Alhasil, tahanan lain memanfaatkan kesempatan untuk kabur. "Mereka menjebol pintu sampingnya, diperkirakan yang melarikan diri seratus sampai dua ratus," kata Dusak.

Dusak menginformasikan kondisi Rutan Sialang Bungkuk itu sejatinya hanya berkapasitas 300 orang, namun saat ini ada sekitar 1.800 orang yang menghuninya.

Editor : Teguh Nofandi
Sumber : cakaplah.com
Akses gilangnews.com Via Mobile m.gilangnews.com

BERITA TERPOPULER Index »

ALAMAT KANTOR PUSAT:
Jalan Samarinda (Kapling I) No.8 Pekanbaru
TELP / HP : 0812 7065 1990
Email: [email protected] / [email protected]
AVAILABLE ON :