Pekanbaru

Riau Gagal Raih Tiket Tujuan Wisata Halal

Sekdaprov Riau Ahmad Hijazi.
Loading...

GILANGNEWS.COM - Kementerian Pariwisata (Kemenpan) RI telah menetapkan tiga provinsi sebagai tujuan wisata halal di Indonesia. Tiga daerah itu yakni Sumatera Barat (Sumbar), Aceh dan Nusa Tenggara Barat (NTB).

Sementara Provinsi Riau sendiri yang sejak tahun 2017 lalu mewacanakan sebagai daerah tujuan wisata halal gagal meraih Daerah Wisata Halal. Padahal, sebagai negeri Melayu yang kental dengan Islam Riau memiliki potensi untuk mewujudkan wisata halal tersebut.

Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau, Ahmad Hijazi saat dikonfirmasi wartawan terkait kegagalan Riau mewujudkan wisata halal meminta Dinas Pariwisata (Dispar) Riau harus memiliki konsep soal wisata halal itu seperti apa.

"Harus tahu konsepnya bagaimana. Apa itu komoditinya makanan atau pelayanan dan semacamnya, tentu siapkan konsepnya biar jelas arahnya," ujarnya.

Loading...

Karena itu, Ahmad Hijazi berjanji akan memanggil Kepala Dispar Riau Fahmizal Usman untuk membicarakan persoalan itu karena yang lebih mengetahui soal pariwisata ini Dispar.

"Saya tidak tahu masalahnya apa. Nanti saya akan panggil Fahmi (Kepala Dispar). Selama ini kita menggaungkan pariwisata, coba ini dicermati," tegasnya.

Menurutnya Provinsi Riau banyak memiliki potensi wisata halal. Sebab Riau memiliki akar budaya Melayu yang dari aspek kepariwisataan jadi Homeland Of Melayu.

"Melayu itu kan identik dengan Islam identik dengan kehalalan dan identik dengan syariah. Jadi tinggal dikerjasamakan dan dieksplor. Bahkan saat ini kita di Rumbai ada wisata berkuda dan memanah, itu salah satu potensi wisata halal," ungkapnya.

Selain itu, tambah Ahmad Hijazi, Riau memiliki potensi kuliner juga bisa dijadikan wisata halal. Apalagi hampir semua kuliner di Provinsi Riau halal, dan potensi ini dapat dikembangkan.

"Belum lagi budaya-budaya yang syariah. Kemudian pelayanan hotel yang syariah perlu dikembangkan di Riau ini. Saya pikir hal semacam itu lah yang perlu dikembangkan di Riau," sarannya.


Loading...

[Ikuti GilangNews.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar