Dibangun di Median dan Persimpangan 

PUPR Pekanbaru Siapkan 44 Taman Kota

Pelaksana tugas (Plt) Kabid Pertamanan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pekanbaru Edward Riyansyah
Loading...

GILANGNEWS.COM- Kota Peknabaru tengah bersiap untuk kembali bersolek. Kali ini, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pekanbaru akan membangun 44 titik taman kota. 

Tahun ini, akan dibangun sebanyak 22 titik taman kota, sementara sisanya akan dilakukan tahun depan. Menurut Pelaksana tugas (Plt) Kabid Pertamanan Dinas PUPR Kota Pekanbaru, Edward Riyansyah, taman yang dibangun bukan seperti Ruang Terbuka Hijau (RTH) maupun taman kota di Jalan Diponegoro. Melainkan, taman yang berada di median dan persimpangan simpul jalan. 

"Kita bangun itu taman di median, bahu jalan dan persimpangan jalan. Seperti di Tugu Keris, Tugu Kompang dan lainnya. Kita buat perencanaanya sesuai landscap yang baru," ujar Edwar. 

Loading...

Dalam perenacaan, kata Edu, panggilan akrabnya, ada 44 titik taman yang akan dibangun. Namun, dari seluruh jumlah tersebut tidak semuanya direalisasikan tahun ini, akan tetapi pembangunan dilakukan secara bertahap menyesuaikan dengan kondisi keuangan Pemko Pekanbaru. 

"Tahun ini sekitar 22 titik akan dibangun, sisanya tahun depan. Kita sesuaikan dengan kondisi keuangan," imbuh Edu. 

Taman Kota 

Mengenai besaran anggaran untuk pembangunan taman dalam kota tersebut, Plt Kabid Pertamanan PUPR tidak bisa menyampaikannya secara rinci. Dia menyebutkan, pelaksanaan itu dibagi menjadi empat kegiatan. "?Ada empat PPTK (Pejabat Pejabat Teknis Kegiatan, red). Jika perencanannya sudah siap lelang, maka kita langsung membangunnya," paparnya. 

Selain itu pada tahun ini ditambahkan Edu, pihaknya juga membangun taman di kompleks Perkantoran Tenayan Raya?. Dimana pengerjaannya akan dilakukan dalam waktu mengingat perkantoran tersebut diresmikan bertepatan dengan hari jadi Kota Pekanbaru ke-234. "Untuk perencanaan taman di sana baru siap dilelang. Pemenangnya sudah survey ke lapangan. Setelah mereka selesaikan perencanaannya baru kita lakukan pengerjaan," pungkas Edward. 

Sebelumnya, pada lokasi-lokasi tertentu, pemerintah telah membangun taman kota. Taman yang dapat dijadikan sebagai tempat melepas penat diantara rimbunnya pepohonan.

Plt Walikota Pekanbaru, Ayat Cahyadi, pada sebuah kesempatan, mengatakan, memaparkan upaya pembangunan taman kota yang telah dilakukan, sedang dilakukan dan akan dilakukan.

Salah satunya taman kota di depan lokasi purna MTQ. Di sini, tak hanya sekedar taman, tapi juga dilakukan penataan terhadap jalur.

"Sepanjang jalan Arifin Achmad, Jalan Jenderal Sudirman sudah hijau dan termasuk sekitar anak Sungai Sail yang tengah dipersiapkan sebagai taman," kata H Ayat Cahyadi.

Demikian pula yang di depan Kantor Walikota Pekanbaru, yaitu Taman Kaca Mayang. "Pada taman-taman kota itu akan dilengkapi Wi-Fi gratis. Layanan ini yang bisa dimanfaatkan oleh seluruh masyarakat Pekanbaru," ujar H Ayat Cahyadi. (ADV)


Loading...

[Ikuti GilangNews.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar