Nasional

Saat Korban Gempa Lombok Tunjukkan Buku Tabungan Uang Bantuan

Warga menerima bantuan dari pemerintah.

GILANGNEWS.COM - Pemerintah memberikan bantuan finansial kepada korban gempa Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Bantuan tersebut dikirimkan langsung oleh pemerintah ke rekening korban melalui BRI.

"Iya langsung ke tabungan BRI. Para penerima yang rumah rusak berat diberikan bantuan perbaikan rumah langsung dalam bentuk buku tabungan," ujar Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho saat dihubungi kumparan, Selasa (4/9).
 
Bantuan diberikan langsung oleh Presiden Joko Widodo kepada korban gempa Lombok untuk perbaikan rumah rusak berat. Jumlahnya yang telah diverifikasi, sebanyak 5.293 unit.
Jumlah dana yang ditransfer sebanyak Rp 264 miliar, dengan total masing-masing penerimanya mendapatkan Rp 50 juta. "Nilai total yang diserahkan sebanyak Rp 264 miliar untuk 5.293 KK yang rumahnya rusak berat," jelas Sutopo.

Sutopo menyebut nantinya rumah-rumah baru tersebut akan berkonsep tahan gempa. Hal itu penting mengingat Lombok merupakan daerah rawan gempa.

Adapun rincian warga yang mendapatkan dana stimulan dari pemerintah adalah Kabupaten Lombok Barat 359 KK, Kabupaten Lombok Utara 1.353 KK, Kabupaten Lombok Timur 2.782 KK, Kabupaten Lombok Tengah 779 KK,  Kota Mataram 20 KK.
Satu orang perwakilan dari masing-masing 5 Kabupaten/Kota menerima secara simbolis bantuan langsung dari Jokowi. Bantuan tersebut diharapkan dapat membantu masyarakat membangun rumah warga yang rusak akibat gempa.

Korban gempa Lombok yang telah mendapatkan bantuan menunjukkan buku tabungannya. Hal itu menandakan perasaan senang mereka karena telah mendapat bantuan.
Aksi korban gempa Lombok ini sama dengan yang dilakukan para atlet peraih medali Asian Games di Istana Negara Jakarta, Minggu (2/9). Sebagai ungkapan kegembiraan karena bonus telah cair, mereka menunjukkan buku tabungan secara bersamaan.


Tulis Komentar