Dunia

Serangan Udara Afghanistan Tewaskan Panglima ISIS

Ilustrasi.
Loading...

GILANGNEWS.COM - Militer Afghanistan menewaskan seorang panglima milisi negara Islam (ISIS) dalam sebuah serangan udara, satu tahun setelah dia membelot dari Taliban dan mendirikan ISIS di Afghanistan.

"Qari Hekmat tewas dalam serangan pesawat tanpa awak di Distrik Darz Aab, Provinsi Jawzjan, sebelah utara Afghanistan, Kamis sore," kata Hanif Rezaee, juru. bicara Korps Udara Tentara Nasional Afghanistan seperti dilaporkan kantor berita Reuters, Sabtu (7/4).

Dia menyatakan Mawlavi Habib Ur Rahman telah ditunjuk sebagai penerus kepemimpinan ISIS di wilayah utara Afghanistan.

Kelompok milisi yang juga dikenal sebagai Daesh, mendirikan kubu. baru di provinsi itu tahun lalu, setelah Hekmat membelot dari Taliban, dan menarik perhatian militer Amerika Serikat.

Loading...

ISIS mengklaim bertanggung jawab atas serangan bunuh diri dekat masjid-masjid Syhiah di Herat dan Kabul bulan lalu. Baik peemrintah yang didukung Barat di Kabul maupun kelompok milisi Islam Taliban sama-sama melawan ISIS.

Kelompok milisi itu pertama kali muncul di Afghanistan, tiga tahun lalu. Demikian pula kubu utamanya di wilayah timur Provinsi Nangarhar, yang berbatasan dengan Pakistan, dimana anggota-anggota milisinya telah aktif di Afghanistan Utara.

Adapun kekerasan sektarian di Afghanistan yang mayoritas Sunni sangat jarang, serangkaian serangan dalam beberapa tahun terakhir telah menewaskan ratusan warga Syiah. Sebagian besar diklaim oleh ISIS.


Loading...

[Ikuti GilangNews.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar