Legislator

Kurangi Sampah Plastik, Gubri Imbau ASN dan THL Ganti Botol Kemasan dengan Tumbler

Gubernur Riau Syamsuar.
Loading...

GILANGNEWS.COM - Pemerintah Provinsi Riau mengeluarkan imbauan kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Tenaga Harian Lepas (THL) di lingkungan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk tidak memakai botol plastik.

Imbauan tersebut untuk meminimalisir timbulnya sampah plastik di kantor Pemprov Riau. ASN dan THL dipersilahkan membawa botol tumbler.

Imbauan itu juga diperkuat dengan akan dikeluarkannya Peraturan Gubernur (Pergub) tentang Pembatasan Penggunaan Plastik Sekali Pakai (PSP).

"Jadi ASN dan THL mulailah menggunaan botol air minum yang bisa diisi ulang (tumbler) untuk mengurangi penggunaan sampah plastik," kata Gubernur Riau, Syamsuar.

Loading...

Hal itu mulai terlihat disetiap rapat di Pemprov Riau sudah tidak ada lagi yang menggunakan botol air kemasan, dan hal itu digantikan dengan gelas.

"Karena satu tumbler bisa menggantikan 4 botol plastik air mineral setiap harinya. Saya mengajak juga kepada masyarakat Riau untuk menerapkan hal seperti ini," ujarnya.

Syamsuar menyebutkan bahwa jika hal ini diterapkan, maka akan mengurangi sampah plastik yang merusak alam.

"Penggunaan botol plastik air mineral diharapkan menggantinya dengan tumbler, karena hal itu membuat ramah lingkungan, dan mengurangi sampah sampah plastik yang ada," cakapnya.


Loading...

[Ikuti GilangNews.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar