Nasional

Bulog Sebut Jokowi Instruksikan Pembagian Rastra Dipercepat

Penyaluran beras sejahtera (Rastra) menjadi salah satu perhatian Jokowi, karena angka kemiskinan Indonesia meningkat ke 5,67 persen pada periode 2016-2017.
Loading...

GILANGNEWS.COM - Direktur Utama Bulog Djarot Kusumayakti menyebut, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberi instruksi bersama sejumlah menteri untuk mempercepat penyaluran beras sejahtera (Rastra). Hal itu disampaikan usai pertemuan dengan Presiden siang tadi, Jumat (2/3).

"Kami akan mempercepat penyaluran. Maret ini masih bertambah sekitar 250 ribu ton dan yang April ditarik maju sekitar 150 ribu ton. Jadi, stok ini cukup banyak," katanya.

Hal serupa disampaikan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution. Percepatan itu bahkan harus dilakukan awal bulan ini hingga bulan puasa.

Penyaluran, kata Darmin, biasanya dilakukan pertengahan hingga akhir bulan. "Artinya Bulog harus kalang kabut dan tadi Bulog mengatakan akan bekerja semaksimal mungkin. Kami berharap masyarakat menerimanya lebih cepat dari biasanya," tutur Darmin.

Loading...

Percepatan pembagian Rastra diharapkan dapat menekan angka kemiskinan Indonesia.

Tak hanya Bulog, Menteri Sosial Idrus Marham menuturkan, ia akan mengecek sekaligus memastikan langsung Rastra disalurkan tepat waktu, bahkan lebih cepat seperti yang diamanatkan Presiden Jokowi.

"Saya harus keliling memastikan semua sampai dan berjalan baik. Besok saya ke Jawa Timur, Madura, Nusa Tenggara Timur, dan selanjutnya," imbuh Idrus.

Penyaluran Rastra tepat waktu menjadi salah satu perhatian Jokowi. Sebelumnya, Presiden meminta pertanggungjawaban anak buahnya sebab angka kemiskinan Indonesia meningkat 5,67 persen periode 2016-2017.

Salah satu penyebab peningkatan itu diduga karena keterlambatan penyaluran Rastra.


Loading...

[Ikuti GilangNews.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar