Pekanbaru

Diskes Pekanbaru Terus Waspadai Kabut Asap Kiriman

Alat ISPU di jalan Sudirman menunjukkan kualitas udara dalam level sedang beberapa waktu lalu.

GILANGNEWS.COM - Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru terus mewaspadai kondisi udara di Riau yang kadang diselimuti kabut asap kiriman dari daerah tetangga. Terutama terhadap warga lanjut usia (lansia) dan anak-anak.

“Jadi kondisi ini tetap perlu diwaspadai karena mendekati ambang batas kategori tidak sehat dan akan mempengaruhi kesehatan bagi yang rentan seperti Lansia dan anak-anak,” kata Plt Kepala Diskes Pekanbaru Muhammad Amin.

Amin mengatakan, pihaknya mengimbau warga khususnya Lansia dan anak-anak agar mengurangi aktivitas di luar ruangan.

“Apabila beraktivitas di luar ruangan, kita mengimbau agar menggunakan masker. Selain itu, kita juga mengimbau warga banyak mengkonsumsi air putih karena kabut asap rentan dengan penyakit ISPA (infeksi saluran pernapasan akut),” terangnya.

Masih kata Amin, untuk meminimalisir berbagai penyakit yang bisa ditimbulkan kabut asap, pihaknya juga rutin membagikan masker kepada masyarakat dan ke sekolah-sekolah.

“Masker terus kita salurkan melalui Puskesmas kepada masyarakat. Saat ini untuk stok masih mencukupi, kemarin kita mendapat bantuan 100 ribu masker dari provinsi dan kita bagikan ke puskesmas,” pungkasnya.


Tulis Komentar