Riau

Di Hadapan Ribuan Petani, Gubernur Riau Ingatkan Jangan Bakar Lahan

Loading...

GILANGNEWS.COM - Sebagai langkah pencegahan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), di hadapan ribuan petani Gubernur Riau Syamsuar tak lupa berpesan agar tidak membakar lahan saat membuka kebun.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Riau saat Pembukaan Pekan Daerah Kelompok Tani Nelayan Andalan (KTNA) ke XVI Desa Bumi Mulya, Kecamatan

Logas Tanah Darat, Kuansing, Ahad (6/10/2019), mengingat saat ini Riau menghadapi musim kemarau yang diperkirakan waktunya cukup panjang.

Untuk itu Syamsuar berharap kepada seluruh anggota KTNA se-Provinsi Riau agar mensosialisasikan pembukaan lahan tanpa membakar di daerahnya masing-masing.

Loading...

Menurutnya, pencegah kebakaran lahan merupakan komitmen bersama, bukan hanya tanggung jawab pemerintah, TNI/Polri, namun menjadi komitmen seluruh masyarakat Riau.

"Makanya saya sudah pesan kepada pak Kapolda, untuk lahan yang terbakar, agar dipoliceline nanti kalau ada yang menanam berarti dia pelakunya," ujarnya.

Karena itu agar lahan tidak dibakar oleh petani, lanjut Syamsuar, Pemerintah Provinsi Riau memberikan solusi dengan menggunakan ekskavator. Saat ini diusulkan sejumlah ekskavator dengan Pemerintah pusat.

"Kita telah mengusulkan bantuan ekskavator untuk pengolahan lahan. Tidak hanya melarang membakar, namun kita menawarkan solusi, agar masyarakat tidak membakar saat membuka kebun," pungkasnya.


Loading...

[Ikuti GilangNews.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar