Legislator

Pengerjaan Pembangunan Jalan Tol Pekanbaru-Dumai Terbaik di Sumatera

GILANGNEWS.COM - Progres pembangunan jalan tol Pekanbaru-Dumai menjadi yang terbaik dari delapan ruas jalan tol di Sumatera. Saat ini progres fisik jalan bebas hambatan tersebut sudah mencapai 11 persen.

Demikian disampaikan Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setdaprov Riau, Masperi kepada wartawan, Kamis (22/2/2018). Dia mengatakan, hasil tersebut diketahui setelah Pemprov Riau melakukan rapat bersama Kementerian PUPR baru-baru ini.

"Jalan tol Pekanbaru-Dumai terbaik penggerjaannya di antara delapan ruas tol yang ada di Sumatera," kata Masperi.

Untuk realisasi fisik sendiri, Masperi menyampaikan sudah berada di angka 11 persen. Bahkan sejauh ini penggerjaannya proyek strategis nasional itu sudah ada yang pengerasan dan ada yang diaspal tahap awal.

"Yang sudah tampak diaspal itu berada di sesi satu dan dua (Pekanbaru-Minas). Sedangkan yang lain baru pemandangan, tapi sudah berbentuk ruas tolnya," terangnya.

Sementara untuk realisasi pembebasan lahan, lanjut Masperi saat ini sudah mencapai 60 persen dan sisa 40 persen. Dari 40 persen itu 35 persen diantaranya berada di kawasan hutan yang pola pembebasan lahannya harus melalui kebijakan antar pemerintah.

"Nah, yang 5 persen lagi atau 131 bidang tanah (12 hektar) itu di dalam lahan konsesi Chevron dan SK Migas yang tidak bisa diganti rugi tanahnya, sebab itu barang milik negara," paparnya.

Meski demikian, tambah Masperi, lahan yang berada di konsesi Chevron itu yang bisa diganti rugi hanya tanaman dan bangunan yang ada di lahan tersebut yang dikuasai oleh masyarakat.

"Untuk penyelesaiannya nanti bisa melalui pendekatan persuasif atau konsiliasi dengan dititipkan di pengadilan. Itu untuk realisasi pembebasan lahan," pungkasnya.


[Ikuti GilangNews.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar